Breaking News

Know More!

Taman Nasional Baluran, Afrika Mini Dari Indonesia


Hamparan savana di Pulau Jawa, yang membuat Anda serasa berada di tengah-tengah benua Afrika. Disini tersaji suguhan alam yang sangat menakjubkan ketika  merak jantan melebarkan ekornya untuk menarik perhatian sang betina, serta ratusan rusa berlarian menuju kubangan air, puluhan kerbau besar yang gagah, belasan elang mencari makan, hingga lutung dan makaka yang bergelantungan. Belum lagi
banyak pepohonan khas Baluran yang mirip pohon pinang dan berbuah sekali seumur hidup sebanyak 1 ton untuk kemudian mati. Pohon pilang yang berbatang putih dan rimbun, bila Anda mengamatinya secara seksama maka mirip pohon yang ada di film “Avatar” serta pohon bekol yang rindang mirip beringin dengan nuansa magis.

Taman Nasional Baluran merupakan perwakilan dari ekosistem hutan kering di Pulau Jawa, yang terdiri dari tipe vegetasi savana, hutan mangrove, hutan musim, hutan pantai, hutan pegunungan bawah, hutan rawa, dan hutan yang selalu hijau sepanjang tahun. Sekitar 40 % tipe vegetasi savana mendominasi kawasan Taman Nasional Baluran. Tanahnya yang berwarna hitam dari jenis tanah aluvial dan vulkanik meliputi luas setengah luas daratan rendah yang ditumbuhi rumput savana. Daerah tersebut merupakan daerah yang sangat subur dan kaya sumber makanan bagi berbagai jenis satwa pemakan rumput.

No comments:

Post a comment

Inside

Designed By Published.. Blogger Templates